Hati-hati Pengeluaran Boros! Cek 10 Pengeluaran Ini dan Lakukan Antisipasi!

Hati-hati Pengeluaran Boros! Cek 10 Pengeluaran Ini dan Lakukan Antisipasi!

Tanpa disadari, kamu pun melakukannya dan inilah yang membuat pengeluaran boros. Pengeluaran tersebut nyatanya tidak diimbangi dengan gaji yang kamu dapat di setiap bulan.

Ayo lakukan antisipasi dari sekarang dengan menyadari hal-hal kecil yang bisa bikin pengeluaran boros. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kejar Diskon Jadi Bikin Boros

Suatu hari, Tina & Rara pergi ke mall.

Tina     : “Rara, kamu jadi ikut aku ke mall?”

Rara    : “Jadi donk, daripada kesepian di rumah. Mending aku window shopping aja bareng kamu.”

Tina     : “Oke, yuk berangkat!”

Sesampainya di Mall.

Rara    : “Tin, liat deh, itu baju lucu ya! Kalo aku pake kayaknya cocok.”

Tina     : “Iya Ra, lucu deh. Ra, liat, lagi harga promo.”

Rara    : “Asyik, ambil deh.”

Akhirnya Rara beli baju yang dilihat di mall tersebut.

 

Apakah pengalaman Rara juga pernah terjadi pada dirimu? Mungkin bukan baju, tapi promo belanja barang lainnya atau makanan di restoran mahal dengan penawaran diskon yang menggiurkan.

Tapi, apakah kamu sudah merencanakan untuk belanja barang tersebut sebelumnya?

Libur Lebaran Malah Bikin Boros 01 Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Mencatat Keuangan Karyawan Secara Efektif Agar Karier Cemerlang]

 

Jika tak menyadari sejak dini, kita akan terjebak dalam pengeluaran boros yang akan menjadi gaya hidup.

Mungkin hanya hal simple, tapi seringkali kita tidak menyadarinya.

Banyak hal-hal kecil yang lama kelamaan bisa menjadi kebiasaan dan menguras kantong kamu. Hal ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Ingat ya! Jika kamu tidak menyadari dan memberhentikan kebiasaanmu itu, maka kondisi kesehatan finansialmu tentu akan sangat terganggu.

Ada baiknya kamu senantiasa melakukan cek kesehatan finansialmu secara rutin bersama Finansialku melalui aplikasi atau website Finansialku.

 

 

Caranya sangatlah mudah, kamu tinggal download terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play Store, atau lakukan registrasi melalui pc. Langkah selanjutnya yaitu:

  1. Buka aplikasi Finansialku, lalu pilih menu “Financial Health Check Up”.
  2. Isi sejumlah data yang diinginkan, misalnya:
  • Gaji, bonus, dan tunjangan: Rp1.000.000.
  • Bunga atau hasil investasi: Rp100.000.
  • Pendapatan pasif dan bisnis: Rp500.000.
  • Sedekah atau donasi: Rp200.000.
  • Tabungan dan investasi: Rp500.000.
  • Belanja bulanan rumah tangga: Rp200.000.
  • Biaya lainnya: Rp500.000.

 

  1. Setelah semua data terisi, klik “Lanjutkan”. Kamu akan memperoleh dua rasio awal. Setelah itu, klik “Lanjut”.
  2. Isi kembali data yang dibutuhkan, misalnya:
  • Investasi uang tabungan dan deposito: Rp5.000.000.
  • Investasi logam mulia: Rp2.000.000.
  • Investasi reksa dana, saham, unit link: Rp2.000.000.

 

  1. Setelah semua data terisi, klik “Lanjutkan”. Kamu akan memperoleh enam rasio lanjutan.

 

 

Mungkin hasilnya akan mengecewakan. Wajar, karena kamu belum memiliki pekerjaan yang pasti.

Namun jangan khawatir, kamu bisa memperbaikinya dengan selalu melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan akan sangat membantu kamu untuk mengetahui hal apa saja yang dapat direncanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Jika ingin lebih memahaminya, gunakan ebook dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Kamu dapat memperolehnya secara GRATIS, tanpa dipungut biaya apapun.

Tunggu apalagi? Segera lakukan sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

 

Pengeluaran Boros Sehari-hari

Inilah beberapa daftar dari pengeluaran boros yang tidak kita sadari dilakukan setiap hari. Jika tetap dibiarkan, kesehatan finansialmu tentu akan terganggu.

 

#1 Ingin Nampak Kece

Penampilan memang mencerminkan kepribadian seseorang. Memakai baju dengan merek tertentu atau dari desainer ternama biasanya akan meningkatkan kepercayaan diri. Tapi ini adalah sebuah kebiasaan yang membuat pengeluaran jadi boros.

Karena ingin dinilai keren, kece, cakep, cantik, banyak orang mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk belanja barang-barang, bahkan untuk barang yang mahal sekalipun.

Ingin nampak kece itu bukan artinya harus mengenakan pakaian branded dan mahal.

Terlihat rapi, bersih dan berpakaian cocok dengan dirimu ditambah lagi sesuai dengan situasi, dengan melakukannya, kamu sudah nampak berwibawa dan yang pasti mengenakan pakaian yang pantas.

Ubah 12 Sifat Boros Ini Dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Mengatur Keuangan dengan Benar? Jika Anda Saat Ini Berusia 20-an Akhir, Maka Seharusnya Anda Sudah Melakukan Ini]

 

#2 Sering Makan di Resto Mahal

Karena ingin mendapatkan asupan dan kualitas makanan yang terbaik, bukan berarti harus makan di restoran mahal.

Makan dari masakan rumah dengan menjaga higienis dan tetap menjaga masakan yang bergizi dan seimbang juga bisa. Kamu hanya tinggal alokasikan sejumlah dana untuk belanja bulanan dan membeli barang-barang kebutuhan untuk makanan sehari-hari.

Tidak perlu masak dengan menu yang sulit dibuat. Cari saja melalui internet mengenai cara memasak menu sederhana yang bergizi dan sehat. Tetap sehat tapi enggak bikin kantong jadi bolong bukan?

 

 

#3 Kecanduan EBook Premium

Memang ebook premium menyajikan informasi yang biasanya tidak didapatkan di website gratis.

Tapi, menurut Klik Mania, ada banyak “oknum” yang memanfaatkan ebook premium dengan harga mahal tapi isi dari konten ebook tersebut sebetulnya banyak beredar di internet secara gratis.

Gunakan mesin pencari Google untuk mencari sumber yang kamu inginkan tanpa harus menguras kocekmu dalam-dalam, kecuali memang kamu tahu bahwa ebook premium itu berisi konten yang tidak disajikan di website manapun.

Tapi kini juga banyak ebook gratis yang juga menyajikan informasi dengan kualitas konten yang menyamai ebook premium.

Unduh secara gratis Ebook Panduan Berinvestasi dari Finansialku yang akan menambah informasi untuk melipatgandakan keuntungan investasimu dengan cara yang benar berikut ini:

  • Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula
  • Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula
  • Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

 

Ebook Finansialku

 [Baca Juga: Mengapa Ada Orang Kaya dan Orang Miskin? Apa Rahasia Kebiasaan Keuangan Orang Kaya?]

 

#4 Kecanduan Aplikasi Boros Kuota

Zaman sekarang, kuota memang menjadi sebuah kebutuhan utama bagi kaum milenial, terutama para pengguna gadget.

Tapi, penggunaan kuota bisa jadi tidak terkendali jika mengunduh aplikasi yang menyedot banyak kuotamu, termasuk kamu yang suka main game di gadget-mu.

Alhasil, budget kuota dalam satu bulan bisa habis sebelum waktunya dan kamu harus menambah jumlah kuota.

Kebiasaan menggunakan aplikasi yang boros kuota bisa bikin pengeluaran jadi boros. Lebih baik gunakan sewajarnya dan tidak berlebihan.

Manfaatkan free wifi sebagai alternatif atau menggunakan paket unlimited yang disesuaikan dengan kebutuhan bulananmu.

Dari pada mengunduh aplikasi yang tidak jelas dan bikin kuotamu semakin menipis sebelum akhir bulan, mendingan unduh Aplikasi yang bisa menolong kamu dalam mengatur keuangan harianmu supaya keadaan finansialmu jadi sehat, seperti aplikasi Finansialku.

Dengan aplikasi Finansialku, kamu bisa mengaur anggaran bulananmu untuk mengontrol pengeluaran, mencatat pengeluaran harian agar tidak melebihi budget, termasuk menyiapkan dana kebutuhan masa depan seperti dana kebutuhan pensiun, dana kebutuhan liburan dan juga dana darurat yang digunakan untuk keadaan genting saat kamu tidak berpenghasilan.

 

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Belanja Barang Bermerek

Barang branded memang biasanya memiliki kualitas tersendiri. Tapi, menyesuaikan dengan kondisimu itu jauh lebih baik demi keadaan finansial yang lebih sehat dan kesejahteraan kantong di masa depan.

Jeli dalam memilih barang berkualitas juga perlu menjadi acuan bagimu. Tidak selamanya barang murah itu berkualitas rendah.

Terkadang ada barang branded yang sebenarnya dibuat di dalam negeri tapi dikirim ke luar dan untuk mendapat cap brand mahal tertentu dan dikembalikan ke dalam negeri untuk dijual dengan harga yang melonjak tinggi.

Sekarang ini, banyak produk lokal yang memiliki kualitas bersaing dengan brand luar tapi tetap ramah di kantong.

para-suami-ini-7-cara-mengatasi-istri-yang-boros-1-finansialku

[Baca Juga: Ingin Memiliki Masa Depan Keuangan Cerah? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Saat Kuliah]

 

#6 Selalu Belanja Pakai Kartu Kredit

Tiap belanja, gesek kartu kredit. Tak selamanya menggunakan kartu kredit itu salah. Kartu kredit bisa menolong keuangan kita jika kita bisa memanfaatkannya dengan bijak.

Misalnya, kita manfaatkan fasilitas promo atau poin dari penggunaan kartu kredit. Itupun kembali lagi dengan kebutuhan kita.

Misalnya, di bulan ini memang kamu menganggarkan untuk beli baju, kemudian ada promo menarik dengan pembayaran kartu kredit di sebuah toko tertentu yang menjual baju sesuai seleramu.

Ini bisa menjadi pilihan menarik untuk menggunakan kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit pun harus diimbangi dengan pemahaman bahwa kamu ketika kamu membayar dengan kartu kredit, kamu memang ada uang untuk membayar cicilannya di bulan berikutnya dan bisa melunasi barang tersebut.

Tidak bijak dalam penggunaan kartu kredit malah membuatmu bisa terjerat utang kartu kredit bunga berbunga yang bisa menyusahkan masa depan finansialmu.

 

 

#7 Membawa Uang dalam Jumlah Besar di Dompet

Berjaga-jaga bukan artinya membawa uang dalam jumlah besar di kantong celana atau di dompetmu. Ini malah membuatmu tergiur untuk jajan dan menghabiskan uangmu.

Bayangkan ketika kamu sedang jalan-jalan, kamu ingin jajan yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu dan kamu berpikir masih ada uang di kantong dalam jumlah besar. Ini pasti bisa membuat pengeluaranmu jadi boros.

Membawa uang dalam jumlah sedikit bisa mengekang keinginan sesaatmu untuk jajan dan menghabiskan uangmu untuk hal-hal di luar anggaran bulanan.

Pengeluaran Boros 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mulai Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Demi Meraih Kebebasan Keuangan]

 

#8 Tidak Mengontrol Penggunaan Listrik & Air

Disiplin di rumah dalam menggunakan listrik dan air juga menentukan kesehatan finansialmu.

Masih banyak orang yang tidak peduli dengan listrik yang masih menyala ketika meninggalkan ruangan.

Mereka meninggalkan ruangan dengan lampu masih menyala, kabel yang masih menancap pada stop kontak, AC yang masih dalam kondisi menyala padahal ditinggalkan dalam waktu yang relatif lama, belum lagi barang-barang elektronik lainnya.

Ini akan menyedot listrik dalam jumlah yang besar, padahal kamu sedang tidak menggunakannya. Ini pun sering terjadi saat menyalakan keran air.

Disiplinkan diri untuk memeriksa keadaan listrik dan air ketika meninggalkan ruangan tertentu.

 

 

#9 Gampang Tergiur Promo

Promo dan diskon yang bertebaran di berbagai mall dan toko memang sengaja dibuat sebagai strategi marketing agar para konsumen mau berbelanja.

Bagi mereka yang memiliki gaya konsumeristis, mereka melihat ini sebagai sebuah godaan yang menjadi kesempatan mereka untuk jajan diluar anggaran bulanan mereka.

Manfaatkan promo secara bijak sesuai dengan kebutuhanmu, bukan karena keinginanmu semata dan lapar mata sehingga bikin kantongmu menipis karena harus membayar barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 03 Discount 2- Finansialku

[Baca Juga: Tagihan Listrik Bengkak?? Mari Mengatur Keuangan Rumah Tangga]

 

#10 Suka Nongkrong di Café

Berjejaring memang sangat baik selain menambah teman, mempererat hubungan dengan teman dan sahabat, kamu bisa menambah relasi yang bisa menguntungkan bagi masa depan usaha atau bisnismu.

Selalu nongkrong di café tentu bisa membahayakan isi kantongmu, apalagi jika kamu selalu tergiur untuk jajan karena gengsi dengan teman yang selalu jajan di café. Setidaknya 15 persen uangmu biasanya akan tersedot untuk membeli air minum dan jajan.

Kamu bisa siasati dengan membawa cemilan sendiri dari rumah dan juga air minum sendiri. Tidak perlu gengsi dan malu dengan temanmu yang selalu jajan.

Nongkrong dengan teman tak selalu harus keluar biaya mahal. Ajak saja ke rumahmu atau berkumpul di salah satu rumah temanmu dan melakukan kegiatan yang tidak harus mengeluarkan biaya lebih.

 

Gaya Hidupmu Menentukan Keadaan Finansialmu

Ini adalah soal gaya hidup. Gaji yang selalu tidak cukup hingga akhir bulan bisa jadi disebabkan karena membiayai gaya hidup yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

Sesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuanganmu, itulah kunci sukses kesehatan finansial.

Banyak orang kaya yang hidup dengan sederhana meski mereka bergelimang harta, salah satunya Mark Zuckerberg yang membelanjakan uangnya untuk menyetok sejumlah kaos dengan warna yang sama, yakni abu-abu.

Menurutnya, ia tidak mau menghabiskan waktunya yang berharga hanya untuk memilih baju di lemari bajunya sehingga ia hanya mengisi lemari baju dengan kaos-kaos yang berwarna sama.

Tengok gaya hidupmu, sadari kebiasaan pengeluaran borosmu dan buktikan bahwa kamu bisa memprioritaskan tabungan untuk masa depanmu dan gaji bulananmu akan cukup untuk setiap bulannya.

 

Adakah kebiasaan lainnya yang kamu sadari dapat membahayakan kantongmu? Kebiasaan mana yang masih menjadi kesulitanmu untuk tidak boros? Berikan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Hal yang Tanpa Disadari Membuat Pengeluaran Semakin Boros. Klikmania.net – https://goo.gl/GTk2ZM

 

Sumber Gambar:

  • Pengeluaran Boros 1 – https://goo.gl/sc1L6G
  • Pengeluaran Boros 2 – https://goo.gl/m22nT3
KATEGORI ARTIKEL